Kembangkan Rosella untuk Tingkatkan Pendapatan


Pertanian padi ternyata kurang sesuai untuk diterapkan di Majatra, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin. Sistem irigasi di Majatra telah banyak yang rusak dan sulit diperbaiki. Sedangkan, tingkat keasaman tanah cukup tinggi sehingga tak cocok untuk tanaman padi. Karena itu, BINA VITALIS dan petani dampingannya mulai mengembangkan budidaya rosella (Hibiscus sabdariffa) yang dirasa potensial untuk mendatangkan keuntungan.

Sebelum itu, pada 2001-2005, Yayasan BINA VITALIS bersama dengan CRS/www.crs.org (Catholic Relief Services) dan petani di Majatra mengadakan program PRA/ http://en.wikipedia.org/wiki/Participatory_rural_appraisal (Participatory Rural Appraisal) untuk membangun pertanian padi yang berkelanjutan di Majatra.

Menurut Hargo Pramudya, Direktur BINA VITALIS, selama ini petani di Majatra mengandalkan padi sebagai sumber pendapatan, menjadi buruh, atau tukang becak di kota untuk memperoleh pendapatan tambahan.

“Awalnya kami melihat di halaman petani tumbuh rosella. Petani menggunakannya untuk hiasan dan bumbu,” kata Hargo. Selama ini, rosella memang banyak dimanfaatkan sebagai teh herbal yang berkhasiat untuk kesehatan. Setelah mengetahui rosella memiliki banyak manfaat maka BINA VITALIS dan beberapa petani dampingannya mulai membudidayakan rosella. “Beberapa petani mulai mencoba. Sebulan sekali kami ambil dan olah serta dikeringkan,” ujarnya.

Ternyata membudidayakan rosella di Majatra lebih mudah dibandingkan membudidayakan padi. “Lebih mudah perawatannya, hama relatif lebih kecil, jadi kami coba galakkan penanaman dan kami coba pasarkan,” lanjut Hargo.

Jumlah rosella yang dihasilkan para petani rata-rata mencapai 25-30 kilogram per bulan. Meski begitu, menurut Hargo, saat musim kemarau jumlah panen berkurang menjadi rata-rata 20 kilogram per bulan. “Tapi untuk sekarang kami masih menampung kurang lebih 200 kilogram rosella yang siap olah,” ujar Hargo.

Rosella yang telah diolah kemudian dikemas dalam kantong-kantong plastik bersablon dan dipasarkan ke Palembang, Manado, dan Ternate. Satu kemasan beratnya kurang lebih 20 gram dan dijual dengan harga Rp 5 ribu. Dengan adanya minat masyarakat terhadap rosella, petani di Majatra dapat memperoleh pendapat tambahan.

Saat dihubungi terpisah, Lucky Yoseph, Ketua Yayasan BINA VITALIS mengatakan bahwa pernah ada tawaran untuk mengekspor produk ini ke Malaysia. “Ternyata warna dan tingkat pengeringan kita lebih bagus. Kalau di Malaysia yang diolah bijinya. Setelah dibandingkan, produk rosella yang di Majatra rasanya lebih baik, ada rasa asamnya,” ujar Lucky.

Namun, karena tak bisa memenuhi permintaan untuk mengekspor rosella sebanyak 1 ton per bulan, tawaran ini pun terpaksa ditolak. “Kami belum bisa penuhi karena belum ada dana (modal). Dan, untuk menanam rosella masyarakat minta kepastian (akan dibeli),” lanjut Lucky.

Kendala Pengembangan
Meski berpotensi menguntungkan, beberapa kendala masih menghalangi pengembangan bisnis rosella di Majatra. Sampai sekarang, cara pengolahan rosella yang dihasilkan oleh petani di Majatra masih sangat sederhana. “Produk dikeringkan kemudian dirajang.” ujar Lucky.

Agar rosella yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, proses pengeringan harus dilakukan secara cermat. “Kalau terlalu lama dikeringkan atau dirajang bisa jadi gosong. Sedangkan kalau terlalu lembab bisa timbul jamur. Karena itu kami butuh alat pengering,” kata Lucky.

Sampai saat ini, Hargo menerangkan bahwa jumlah petani yang menjalankan budidaya rosella baru berjumlah kurang lebih 70 petani. “Belum semua tertarik ikut karena gak yakin akan ada yang beli dan pengolahannya dipandang njlimet,” kata Hargo.

Selain itu, lokasi Majatra yang jauh dan sulit untuk ditempuh juga menjadi kendala. Dari kantor BINA VITALIS menuju desa Majatra bisa memakan waktu sampai lima jam. “Apalagi kalau musim hujan, bisa bermalam di jalan,” ujar Hargo.

Kendala lainnya adalah pemasaran. Selama ini rosella hasil budidaya petani Majatra masih dipasarkan dalam kemasan plastik yang disablon. Karena itu, Hargo berharap dapat menjalin kerjasama dengan lembaga lain yang bersedia memberikan pengetahuan tentang pemasaran. “Kami ingin belajar lagi pemasaran yang sungguh bisa menyerap hasil produksi. Kami ingin belajar melakukan promosi dan membuat kemasan yang menarik yang bisa membuat konsumen ingin membeli produk kami,” kata Hargo.

Padahal jangka waktu tanam sampai panen untuk rosella terbilang cepat. Setelah tanam, empat sampai enam bulan kemudian sudah bisa dipanen.

About these ads

68 thoughts on “Kembangkan Rosella untuk Tingkatkan Pendapatan

  1. Saya tertarik dengan artikel Kembangkan Rosella untuk Tingkatkan Pendapatan,Apr 26th, 2007 by tantridiah

    tentang bunga rosella.
    Saya juga menanam rosella sekitar 4 hektar di bogor dan sekarang terkendala oleh penjualan. Saya ingin tahu berapa per kilogramnya di sana ? jika memungkin saya ingin menjual secara grosir.
    kemana saya harus menjualnya atau hubungi hp saya di 0811168898
    Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.
    Hormat saya,
    Didi

  2. Kami memproduksi minuman dari jakarta membutuhkan rosella segar/ fresh untuk sekali pengambilan antara 400 ~ 800kg/ rosella segar.

    Berapa rosella segar/fresh 1 kg ?.

    Bagaimana dengan biaya pengiriman dan packingnya ?

    Terima kasih,
    TOMMY

    • Harga Rosella Segar/Kg Rp. 12.000, sehubungan anda menginginkan produk segar, maka 1-2 hari sebelum pengambilan barang anda menghubungi perkebunan kami, (Sukabumi) namun jika rosella kering, kami mempackingnya pada plastic transparant berukuran 10 Kg. Harga/Kg kering Rp. 130.000. Rosella Mesir (yang ungu berbentuk cumi). Untuk pembayaran cash. Jika berminat, hub.081213683986 atau 02191391019. Atas perhatiannya,saya ucapkan Terima kasih. d@n’z.

  3. Saya menanam bunga Rosella merah di boyolali jawa tengah, harga jual rosella kering Rp.170.000 & harga rosella segar Rp.30.000. harga sudah termasuk ongkos kirim. Hasil panen saya belum banyak, baru 20 kg perbulan.

    jika ada yang berminat hubungi Hp.085214882835

  4. Saya juga jual teh bunga rosella di Primkoppol Pusdokkes Polri Jln. Rs.Polri depan masjid Al’afiah kramat jati Jakarta timur. Dengan Harga Rp.22.000 /100gr dan Rp.12.000 / 50gr.

    siapa yang berminat silahkan datang langsung ke alamat diatas. Terimakasih

  5. Saya juga punya tanaman Rosella sudah berbunga dan siap dipetik ingin dijual tapi belum tahu pemasarannya ( tempat untuk menjualnya ) bila berminat hubungi saya 085232880376 . Trim’s
    aq berdomisili di Banyuwangi Jawa Timur.

  6. Saya tertarik sekali untuk menanam rosella ini, mungkin karena harga yang lumayan dan waktu panennya yang relatif cepat.
    Tapi kendala yang saat ini saya alami adalah cara budidayanya dan pemasarannya. Saat ini saya berdomisili di jombang.
    Bagi pembaca yang mempunyai info dari budidaya dan pemasaran rosella ini, mohon membagi ilmu kepada saya melalui email saya : agung_bianto@yahoo.co.id
    Trima kasih…..

  7. saya jual bunga rosella merah kering dengan harga per kg Rp95.000 dalam jumlah sedikit atau banyak untuk tanggal sekarang dan harga bisa berubah berdasarkan permintaan harga pasar.

    jika anda berminat hub 0341 865 2284
    081 853 5155
    085 655 538 140

  8. Selasa, 2008 Juni 03
    ROSELLA

    Di Mesir, teh rosella ini disebut Karikade dan umumnya disajikan dingin sebagai welcome drink. Rasanya manis2 sedikit asam. Bunga keringnya berwarna merah maroon

    KEGUNAAN :
    1. Meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi dari infeksi, mengobati keracunan
    2. Menghaluskan kulit & mencegah keriput
    3. Membantu menurunkan kadar kolestrol darah
    4. Membantu menurunkan gula darah pada diabetes
    5. Menormalkan kadar Asam Urat dalam tubuh
    6. Mencegah kanker
    7. Mengatasi batuk, sakit tenggorokan
    8. Membantu proses penyembuhan sariawan
    9. Melancarkan buang air kecil & besar
    10. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh

    Cara Minum :

    1-2 bunga hibicus diberi air panas 150 cc selama =/- 15menit , dapat ditambah gula bagi yang tidak diabetes. Simpan di lemari es, sajikan dalam keadaan dingin. Bisa juga diminum dalam keadaan hangat , tergantung selera.
    diminum 2-3x sehari.
    Depkes RI: 503 / 1521 / 2 / IZ – IKOT / II / 2004

    “KAMI MENERIMA PESANAN DALAM JUMLAH BESAR MAUPUN KECIL”

    Daftar harga :

    1KG : Rp. 75.000,-

    100 gram : Rp.15.000,-

    “Saatnya Kita Kembali Kealam “
    berminat hub: 085229148203/ (024)7477585
    atau email andiex_01@yahoo.com

  9. saya seorang petani bunga rosella di kota nganjuk. saya memiliki setok bunga rosella basah dan kering. dgn yg kuwalitas yang terjamin baik dan harga yg bersaing jika anda berminat silahkan hubungi atau sms di no. 085235190606

  10. saya petani rosella di kota purwodadi, saat ini saya memiliki stok 1 ton rosella kering (curah) berkwalitas bagus. bagi yang berminat silahkan hubungi : WIDI 081548686809. dengan harga Rp. 75.000/kg + ongkos kirim

  11. saya menanam rosella di lahan seluas 2ha,saat ini dalam masa pengeringan. namun terhalang oleh penjualan.kemana rosella saya di jual? siapa yang siap menampung hasil panen saya. saya siap bila ada yang ingin bekerjasama mengembangkan rosella dengan pola kemitraan dengan harga jual yang pantas,saya siap menjadi pemasoknya.posisi saya berada di kalimantan timur.bagi yang berminat silahkan hubungi atau sms ke no. 085250655068 atau email ke dwi_konoha@yahoo.co.id.

  12. saya punya beberapa pohon rosella untuk konsumsi sendiri. yang jadi pertanyaan saya, kenapa hasil seduhan dari pohon milik saya tidak merah seperti yang dijual di kemasan? apakah ada kesalahan proses pasca panen? biasanya setelah dipetik dan dibuang bijinya langsung saya jemur di bawah terik matahari. saya ingin tahu bagaimana cara mengeringkan bunga rosela segar supaya kandungan vitaminnya tidak rusak/hilang. trims

  13. saya tertarik membudidayakan bunga rosela, saya cari bibit /biji bunga rosela ………. dan saya butuh info pemasaran
    hub 081227036504

  14. Saya butuh pemasaran rosella saya, kami baru panen, ada ready stock 500 Kg. bila ada yang berminat hub saya di 081933937678, harga rosella segar kami 15ribu/Kg.

  15. saya sih tertarik untuk membeli bibitnya tapi nanti pemasarannya gimana ?
    gimana kalau perusahaan mau menampungnya untuk di jadikan minuman softdrink seperti teh botol gitu lo pasti jadi laris ……….deh.
    thanks.

  16. saya berdomisili di Pekanbaru-Riau mempunyai lahan kosong +/- 6 ha. mohon informasi cara budidaya rosella ini dan cara penanganan pasca panen berikut pemasarannya.
    mohon infonya dikirim ke pandimin@gmail.com

    terima kasih.

    salam
    Pandimin

  17. Hallo…. saya Agen Rosella.Terdiri Dari Sirup, Teh Dan Rosella Curah ( Kering ). Saat ini saya sedang panen Rosella untuk daerah Kediri. Huiiih hasilnya Jooss..Merah sekali, dan besar – besar. Stok Buanyak
    Untuk Harga
    Teh celup : Rp. 12.000,- ( Agak mahal tapi
    bisa nego )
    Sirup : Rp. 10.000,- (1 ltr )
    Rosella Curah : Tersedia berbagai kemasan
    Rp.3.500 – Rp. 10.000,-
    Selai : Rp. 10.000
    Peyek / Keripik Rosella : Rp. 15.000,-
    Curah Tanpa Kemas : Rp. 40.000,-/Kg (Produk ter oke
    /Nego)

    PEMESANAN GAK BAKAL DIKENAKAN BIAYA KIRIM LHOOO….
    HARGA BISA NEGO YANG PENTING SAMA – SAMA LANCAR

    HUBUNGI SAYA : (0354) 7112415 / 08283321313 /
    085646498464

    AYO BERBISNIS DENGAN ROSELLA …PASTI UNTUNG.!!!!!!

  18. KABAR BARU….BUAT PERUSAHAN, PABRIK, TENGKULAK, GRASIR, ATAU AGEN ,SAYA PANEN LAGI……, ADA ROSELLA BIRU / UNGGU LHOOO….(JENIS CUMI – CUMI ) KELOPAK BESAR…INSYAALLOH STOK BANYAK SOALE PADA REBUTAN.

    Hub. Saya.(0354) 7112415 – 085 6464 98 464 Sample pasti saya kirim. GRATIS!!!
    Harga NEGO ae.Asal sama – sama Untung.

    “Buat ibu – ibu, Mbak – mbak,mas, Bapak, Pengen langsing Minum Teh Merah / Rosella Bisa Turun Berat Badan..lhooo

    Bisa coba dulu beli Produk Rosella ASLLIIII…hanya dikami
    Rp. 15.000,-( Wes pasti dikirim ampe tujuan).

  19. KABAR BARU….BUAT PERUSAHAN, PABRIK, TENGKULAK, GRoSIR, ATAU AGEN ,SAYA PANEN LAGI……, ADA ROSELLA BIRU / UNGGU LHOOO….(JENIS CUMI – CUMI ) KELOPAK BESAR…INSYAALLOH STOK BANYAK SOALE PADA REBUTAN.

    Hub. Saya.(0354) 7112415 – 085 6464 98 464 Sample pasti saya kirim. GRATIS!!!
    Harga NEGO ae.Asal sama – sama Untung.

    “Buat ibu – ibu, Mbak – mbak,mas, Bapak, Pengen langsing Minum Teh Merah / Rosella Bisa Turun Berat Badan..lhooo

    Bisa coba dulu beli Produk Rosella ASLLIIII…hanya dikami
    Rp. 15.000,-( Wes pasti dikirim ampe tujuan).

  20. aq awam soal rosella,tolong dong dikasih tau untuk bkebun rosella yg baik dan benar,memilih bibit yg baik…untuk mendapatkan bibit rosella dimana ya?merawat sampe memanen rosella yg baik dan benar…….tolong pren di kasih tau ke…… partolandung@yahoo.com……

  21. Tanaman rosella tidak bisa tumbuh baik disembarag tempat. Begitu pula hasil panennya. Saat ini setahu saya di Indonesia daerah penghasil rosella terbaik masih di Kediri disusul Blitar dan Malang selatan. Hingga saat ini kami hanya memasok rosella kering dari petani di Kediri.
    Jika temen-temen membutuhkan kelopak bunga rosella kering baik dalam kemasan ataupun kiloan bisa hubungi saya di nomor 081233228747

    Harga
    Kemasan 5 gr : Rp 6.000
    Kemasan 10 gr : Rp. 11.000
    Sedangkan perkilo 60.000

    untuk wilayah malang pemesanan kemasan diatas 10 bs kami antar gratis. sedangkan untuk luar malang ada biaya transport. Terima kasih…

  22. INFO – INFO….
    HUIH Gila – gilaan harga Rosella Ungu / Biru jenis cumi harga meroket.
    Ada yang nyampe harga Rp. 75.000/ Kg dari Agen.

    Ada info terbaru lagi sekarang juga udah ada Rosella cumi Merah, Terbaru lagi rosella putih. tapi untuk kapasitas nya dan kandungannya masih diuji.
    Apa juga sebaik rosella yang jenis ungu.

    Oya ditempat saya Rosella Ungu / Biru jenis cumi masih seharga Rp. 60.000,- / Kg udah + ongkos kirim. Tapi stok pun terbatas.

    Katanya untuk jenis rosella Cumi Kalo disedu warna lebih pekat, dan lebih kental.

    Info : (0354) 7112415

  23. Oya buat parto landung

    Penanaman Rosella sebenarnya sangat mudah, Dia bukan bunga yang rewel yang harus dirawat ini itulah, benih disebarpu dia bisa tumbuh. Tapi untuk kualitas memang dia lebih baik di dataran tinggi. yang berhawa sejuk. seperti juga umumnya tumbuhan teh.
    Pernah juga saya menanam pada area perkotaan eeh.. ternyata hasilnya jelek banget. DAN WARNANYA GAK BISA MERAH SEGAR, warnanya mangkak. Dan saya yakin mungkin kandungannyapun berkurang.
    Untuk perawatan sebenarnya gampang, tidak diberi pupuk pun gak masalah.
    coba dulu kalo punya pekarangan bisa di coba beberapa dulu.
    untuk bibit bisa kontek kami.
    selamat bertani Rosella.

  24. Kami menawarkan kerjasama secara konsisten dalam bidang Agriculture (Untuk saat ini Khususnya Rosella (Hibiscus Sabdariffa). Kami mampu mensuplay Kelopak Rosella dalam kapasitas besar. Jenisnya bukan Rosella Jawa (merah) Tapi Rosella Mesir (Ungu). Kami juga melayani permintaan Ekspor Cina & Arab. Untuk Kerjasama Hub. 081213683986 / 021 91391019. Harga dan sistem kontrak kerjasama kita bicarakan selanjutnya. Em@il : denz_ev18@yahoo.com.

  25. Bagi yg ingin membeli bibit,buah,atau pun pohon rosella silahkan hubungi no. 085248921041..Dijamin tidak mengecewakan anda,trims..

  26. hallo, saya ingin banyak mengetahui tentang bertani rosella ungu, karena ada keinginan dalam waktu dekat ini untuk bertani rosella dengan berbasis organik, kira-2 apakah masih menjadi suatu yang menjanjikan ? adakah yang akan menerima hasi panen kami nanti ? thanks.

    • anda jangan kuatir tidak laku. karena banyak orang yang memanfaatkan rosella sebagai pengobatan herbal, khususnya untuk darah tinggi dan diabetes. kalau anda sulit mencari pengepulnya, anda bisa kemas dan jual sendiri, pasti laris manis tanjung kimpul, barang habis uang kumpul. salam sukses buat anda.

  27. Saya punya stok rosella kering siap saji,jumlah terbatas harga Rp.125.000/kg sudah termasuk ongkos kirim,bagi yg berminat bisa hubungi kami di nomer 081542815606 dg ibu Napsi.
    Insya Allah barang langsung dikirim ke alamat anda.

  28. Kami mempunyai stok rosella kering dalam jumlah yang terbatas,dengan harga Rp.125.000/kg sudah termasuk ongkos kirim.
    Bagi yang berminat bisa hubungi kami di nomor 081542815606 dengan ibu Napsi.
    Insya Allah pesanan sampai di alamat anda sesuai dengan pesanan.
    Terima kasih.

  29. assalamu’alaikum wr.wb

    saya sangat tertarik dengan budidaya roseella ni, tapi saya lum dapat biji rosella nya, dimana saya bisa dapatkan? saya tinggal di Pamulang, Tangerang, tapi saya akan budidayakan di Pekalongan, jawa tengah,,, saya minta pendapatnya, terima kasih

  30. hai semua,..
    saya Ade ruhiyat, bertempat di Serang-Banten, baru-baru ini mananam rosela,.. dan kebetulan saat ini roselanya sudah mulai berbunga dan siap panen,. tapi saya belum memanenya lantaran saya tidak tahu bagaimana & dimana memasarkanya,.saya juga belum terlalu mengetahui hrga pasaran per Kg rosela, bagi yang bisa membantu saya harap menghubungi nmr ini:

    085920058110

    rosela yang saya sediakan cukup banyak ,.
    bagi yang bisa membantu,.. saya tunggu informasinya,..

    terima kasih..

  31. Al-hamdulillah saya sekeluarga tetap bertahan menanam rosella dengan jenis Rosella Mesir. dari Garut kita sudah coba ke Cilacap, banjar dan ke Aceh…
    bagi para pengusaha Rosella yang bisa bekerjasama dengan kami Cordova Medica Herbal, insya Allah kami siap melayani…
    hub: 085223985225
    terima kasih…

  32. coba ada suatu wadah atau koperasi yang menampung sekaligus mampu memasarkankan rosella,sehingga para petani di indonesia tidak takut atau bingung untuk penjualan rosela.

  33. alhamdulillah.aku membudidayakan tanaman rosella dsekala perkarangan rumah.kira2 luasnya (20m x 20m) dan hasilnya dipasarkan dipasar tempatan dgn harga Rp.20.000/kg buah segar.
    cuma aku bingung bagaimana kalau nanti aku membudidayakan dlam sekala besar dimana aku untuk memasarkan nya?

  34. salam kenal..
    saya punya lahan yang sementara ini sedang tidur seluas 20 ha. di daerah sorong/ papua
    untuk yang mau bekerja sama dalam penanaman dan masalah pemasarannya. silahkan hubungi saya di 081252495041.
    saya tunggu

  35. saya ingin mencoba untuk bertani rosella, tapi saya belum tahu untuk mendapatkan bibit yang baik… mohon bantuannya…

    jika ada informasi mengenai bibit dan pembudidayaan saya harap bisa membantu…

  36. assalamu’alaikum.wr.wb.

    ibu saya menanam rosela di pekarangan…. sering mencoba untuk mengeringkan dg cara menjemur mengandalkan sinar matahari, tetapi selalu gagal, tapi selalu gagal…
    mohon informasi nya… cara mengeringkan rosela yang alami tetapi tidak mengurangi khasiat dari rosela itu sendiri….
    mudah-mudahan bisa menjadi awal yang baik untuk dijadikan usaha….

    terima kasih…

  37. ada yg bisa masokin bahan baku rosella buat daerah jakarta gak? buat menu tambahan cafe saya.. hubungi saya by sms ke no;082112542956

  38. kami di cibinong bogor . produsen yang membina ponpes ash sholihin. ukm ash sholihin memiliki produk produk olahan rosela , untuk saat ini kami memproduksi sirup dan manisan rosela hilwa. untuk bapak paul lihat dan kunjungi http://ukmashsholihin.wordpress.com , sirup sangat cocok disajikan di cafe, dan manisan juga sangat cocok untuk hidangan penutup atau oleh oleh pengunjung kafe. mas abe (divisi pemasaran ulm ash sholihin – 085719932349

  39. Mohon info kalau ada yang tahu pemasaran rosella di dalam negeri, atau kalau di ekspor negara mana saja yg membutuhkan. Trmksh….

  40. Assalamualaikum dan salam sejahtera. Nama saya yusof dari negeri johor, malaysia. Saya ada menanam roselle untuk membekalkan roselle basah (segar) dan yang dikeringkan. Bolehkah saya tahu, harga pasaran roselle di Indonesia dan saya ingin membekalkan roselle saya di Indonesia sekiranya ada yang memerlukan. Boleh hubungi saya melalui Facebook dan email di myroselleresources@gmail.com. No. Telefon saya +60176365295

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s